Pages

Jangan lupa Kritik dan Saran

Sabtu, 11 Desember 2010

Pemanasan Global dan Sirkulasi Udara




       Sebuah suasana selimut dari gas yang mengelilingi sebuah planet. Atmosfir bumi memiliki lapisan yang berbeda didefinisikan oleh perubahan suhu. Sebagian besar cuaca bumi yang terjadi di troposfer tetapi dipengaruhi oleh pergerakan gas di stratosfer. http://www.glacier.rice.edu/weather/3_atmstructure.html

Apa Drive Gerak Air?
       Hangat udara naik dan mendinginkan seperti mengembang. Udara dingin jatuh untuk mengisi ruang yang ditinggalkan oleh udara hangat. Ini akan mengeset sebuah konveksi vertikal saat ini. Partikel mengerahkan kekuatan karena mereka bergerak dan gaya per satuan luas disebut tekanan.

Apa Drive Gerak Air?
       Jika dua kolom udara memiliki suhu yang sama, mereka akan memiliki distribusi yang sama partikel udara dan oleh karena itu tekanan yang sama. Namun, kolom hangat dari udara akan memiliki tinggi lebih. Tekanan pada ketinggian yang sama dalam kolom udara dingin dan hangat akan berbeda.

        Kolom di set pertama memiliki sama suhu dan tekanan di ketinggian masing-masing. The set kedua menunjukkan kolom dingin dan hangat. Anda telah untuk pergi lebih tinggi dalam kolom hangat untuk mendapatkan yang sama tekanan seperti dalam kedinginan. Oleh karena itu, tekanan lebih tinggi pada ketinggian yang sama di kolom udara yang lebih hangat dibandingkan dengan dingin.

         Partikel bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah tekanan yang lebih rendah karena gradien tekanan. Partikel-partikel bergerak mengerahkan tekanan-gradien kekuatan. Dalam kasus kolom udara dingin dan hangat, udara akan bergerak dari hangat ke kolom dingin di sama tinggi. Gerakan ini menghasilkan angin.

Tekanan di atmosfer
        Ini adalah kontur tampilan tekanan di permukaan. Blues merupakan tekanan rendah sedangkan reds menunjukkan lebih tinggi tekanan.
Di mana angin akan tertinggi pada tanggal ini?

Pemanasan Global dan Sirkulasi Udara
        pemanasan yang tidak merata bumi menyebabkan sirkulasi udara umum. Seperti kita telah menemukan, wilayah global menerima radiasi lebih langsung dan karena itu memiliki suhu yang lebih tinggi. Naik udara yang lebih hangat khatulistiwa dan bergerak menuju daerah kutub (pendingin sebagai kelanjutannya). Tenggelam udara dingin kutub dan ditarik ke arah khatulistiwa.




Pemanasan Global dan Sirkulasi Udara
        Fakta bahwa bumi berputar mempersulit sirkulasi. Free-benda bergerak tampaknya menyimpang dari jalan garis lurus sebagai Bumi berputar. Hal ini lendutan akibat rotasi bumi disebut efek Coriolis. Efeknya adalah terbesar di dekat tiang dan tidak ada di khatulistiwa.



Pemanasan Global dan Sirkulasi Udara
        Karena Bumi berputar, sirkulasi udara berkembang tiga sel di belahan bumi masing-masing. Sel-sel ini mendistribusikan panas di permukaan bumi dan menghasilkan sistem cuaca.

Global Angin
      Sirkulasi sel tiga menghasilkan pola angin global. Angin umum meliputi timuran kutub, baratan, angin timur laut atau tenggara perdagangan, dan lesu (di khatulistiwa). Arah angin selalu ditunjuk sebagai arah dari mana angin bertiup.



Sistem Tekanan Tinggi dan Rendah
       Ketika sebuah area lokal berkembang tekanan tinggi di atmosfer bumi udara bergerak keluar dari pusat (tinggi ke rendah). Udara divergen dan bergerak ke bawah.  Ketika sebuah daerah tekanan rendah lokal berkembang, udara menyatu menuju pusat tekanan rendah dan ke atas.


Sirkulasi udara sekitar sistem tekanan tinggi
       Sirkulasi udara di sekitar yang rendah tekanan system Arah angin Di belahan bumi utara, angin tingkat atas bergerak searah jarum jam sekitar sistem tekanan tinggi dan berlawanan arah jarum jam di sekitar sistem tekanan rendah. arah angin sekitar sistem tekanan tinggi dan rendah terbalik di belahan bumi selatan.

Tekanan kontur plot (biru adalah tekanan rendah, merah yang lebih tinggi)

Description: sfc_con_pres_2

Plot arah angina Perhatikan bahwa angin adalah bergerak berlawanan arah jarum jam sekitar rendah dan searah jarum jam sekitar wilayah tinggi.
Description: sfc_stream

Upper Sirkulasi Atmosfer
       Dalam "sungai" troposfer atas yang bergerak cepat lingkaran udara Bumi. Angin ini berkecepatan tinggi yang disebut sebagai jet stream. Aliran jet polar merupakan hasil dari gradien suhu di depan kutub di mana udara tropis yang hangat memenuhi udara dingin kutub.

Upper Sirkulasi Atmosfer
      Aliran jet subtropis terbentuk ketika udara tropis yang hangat dipindahkan dari khatulistiwa ke kutub, menghasilkan gradien suhu yang tajam di sepanjang depan subtropis. Bagian depan kutub dan jet dua aliran memiliki pengaruh terhadap pergerakan sistem cuaca di seluruh dunia.
Description: polarjetstream

massa udara yang dikendalikan oleh aliran jet.
Description: jet1


Jet Streams
        Bagian depan kutub paling kuat selama musim dingin dan terlemah selama musim panas. Selama wabah dingin besar, bagian depan penyelaman kutub selatan di negara itu.Akibatnya, aliran jet kutub selatan juga penyelaman di respon. Aliran jet polar sering membantu dalam pengembangan badai dan juga cenderung untuk mengarahkan badai. Aliran jet subtropis cenderung berkembang selama musim dingin. Aliran jet subtropis juga dapat membantu mengembangkan dan mengarahkan badai dan gangguan.

Cuaca Lokal
       sistem cuaca lokal tergantung pada pergerakan kutub depan (jet stream), kondisi musiman (variasi suhu), dan topografi lokal (gunung, badan air ...).

Front
       Sebuah depan merupakan batas antara dua massa udara yang mengandung suhu yang berbeda, angin, dan sifat kelembaban.
Ketika Front Bertemu

Description: warmfrontmapKetika sebuah kemajuan depan hangat di depan dingin, aliran udara hangat dan atas massa udara dingin. Hujan terjadi pada batas sebagai udara hangat didinginkan dan mengembun uap air.






Description: warmfront2




                                                                                                          







Ketika Front Bertemu
Ketika sebuah kemajuan depan dingin di depan hangat, itu wedges di bawah udara yang lebih hangat menyebabkan udara hangat untuk bangkit dan sejuk. Hujan terjadi dimana front bertemu.

Description: coldfrontmap
Description: coldfront2

Ketika Front Bertemu
Ketika sebuah kemajuan depan bergerak lebih cepat dingin dan mulai bergabung dengan sebuah front hangat sebuah bentuk depan tersumbat. Hal ini terkait dengan sistem tekanan rendah. Hujan terjadi dimana front bertemu.

Description: OCCLUSION1 Description: OCCLUDED2 Description: occludedfront

Description: coldhitwarm

Description: 11_26_01frontmap
Cuaca peta untuk Senin, 26 November 2001

Description: sfc_con_temp
Suhu permukaan kontur peta untuk November 27, 2001 09:00


Description: sat_vis_us
Terlihat satelit gambar untuk November 26, 2001 06:00

Description: sat_ir_enh_us
Enhanced IR (inframerah) gambar untuk November 26, 2001 06:00

Description: spole_cyclones_nasa 
Global sirkulasi ditinjau dari Kutub Selatan

Iklim
       Iklim lokasi dapat didefinisikan sebagai "komposit" dari cuaca yang berlaku jangka panjang yang terjadi di lokasi itu. Dalam arti, iklim adalah "cuaca rata-rata". Iklim dapat diukur secara kuantitatif dengan menghitung rata-rata jangka panjang elemen iklim yang berbeda seperti suhu dan curah hujan.

Source: Meteorologi Tropis Prof. DR. Paulus

2 komentar:

Graviton Learning Centre-Online mengatakan...

sedikit masukan bahwa seirkulasi udara di bumi lebih mudah dipahami dengan matahari yang berputar mengelilingi bumi sedangkan bumi diam.lengkapnya:
http://institutefisika.wordpress.com/page/4/
http://institutefisika.wordpress.com/page/5/

Graviton Learning Centre-Online mengatakan...

http://institutefisika.wordpress.com/

Posting Komentar

KUMPULAN LINK PHENOMENA CUACA DAN IKLIM
MANUSIA DAPAT DIHANCURKAN, MANUSIA DAPAT DIMATIKAN TETAPI MANUSIA TIDAK DAPAT DIKALAHKAN SELAMA MANUSIA ITU MASIH SETIA KEPADA DIRINYA SENDIRI