Pages

Jangan lupa Kritik dan Saran

Rabu, 12 Januari 2011

Gmana ya Jet Stream dalam Dunia Penerbangan?

Jet stream adalah fenomena menarik sebab hembusan angin berkekuatan 100 km/jam ini baru bisa terjadi pada kondisi cuaca ekstrem. Salah satunya perbedaan tekanan udara yang sangat ekstrem antara daerah bertekanan udara tinggi dengan daerah bertekanan rendah. Angin yang cukup kencang yang memusat dalam jalur sempit di atmosfer. Arus jet biasanya memiliki panjang ribuan kilometer dan lebar ratusan kilometer, namun hanya memiliki tebal beberapa kilometer. Arus tersebut biasanya ditemukan antara enam hingga sepuluh kilometer di atas muka tanah
jet stream merupakan alur dari arus udara yang mengalir dengan kecepatan tinggi seperti layaknya sebuah sungai yang terjadi sebagai akibat fenomena alam pada pertemuan udara panas dengan udara dingin. (sebut saja angin kencang). Jet stream dapat mengakibatkan pesawat terbang menjadi lebih cepat dan dikenal sebagai tail wind dan sebaliknya dapat menghambat kecepatan pesawat yang dikenal sebagai head wind. Arus jet merupakan hembusan angin yang sangat kencang, yang terjadi karena keadaan cuaca yang ekstrem. menemukan penyebaran karbondioksida di tengah-tengah lapisan troposphere yang secara kuat dipengaruhi oleh permukaan inti sumber karbondioksida dan pola sirkulasi atmosfir dalam skala besar, seperti arus jet dan sistem iklim di tengah garis lintang bumi. 
Jet stream biasanya kontinu jarak jauh, tapi diskontinuitas yang umum.  Jalan jet biasanya memiliki bentuk berkelok-kelok, dan ini meander sendiri menyebarkan timur, pada kecepatan lebih rendah dari yang sebenarnya angin dalam aliran tersebut. Setiap berliku-liku besar, atau gelombang, dalam aliran jet dikenal sebagai gelombang Rossby . gelombang Rossby disebabkan oleh perubahan dalam efek Coriolis dengan lintang, dan menyebarkan ke barat sehubungan dengan aliran di mana mereka tertanam, yang memperlambat migrasi timur palung tingkat atas dan pegunungan di seluruh dunia jika dibandingkan dengan gelombang pendek tertanam palung mereka. Shortwave palung adalah paket lebih kecil dari energi tingkat atas, pada skala 1.000 kilometer (620 mil) untuk 4.000 kilometer (2.500 mi) panjang, yang bergerak melalui pola aliran di sekitar skala besar, atau gelombang panjang, pegunungan dan palung dalam gelombang Rossby. Jet sungai dapat dibagi menjadi dua karena pembentukan tingkat-atas tertutup rendah, yang mengalihkan sebagian dari aliran jet bawah dasar, sementara sisa bergerak jet oleh ke utara.
Hubungan angin termal tidak segera memberikan penjelasan mengapa angin diorganisir dalam jet ketat, daripada didistribusikan secara lebih luas di belahan bumi. Ada dua faktor yang berkontribusi terhadap ketajaman ini jet. Faktor pertama adalah kecenderungan untuk mengembangkan gangguan siklon di midlatitudes untuk membentuk front - gradien lokal tajam suhu. Jet stream depan polar dapat dianggap sebagai hasil dari ini frontogenesis proses midlatitudes, sebagai badai berkonsentrasi selatan suhu kontras-utara ke daerah yang relatif sempit.

Jet sungai mengalir dari barat ke timur di bagian atas troposfer.
Jet stream cepat mengalir, sempit aliran udara yang ditemukan di atmosfer beberapa planet , termasuk Bumi . The main jet stream terletak dekat tropopause , transisi antara troposfer(dimana suhu menurun dengan ketinggian ) dan stratosfer (peningkatan suhu dimana dengan ketinggian).  The jet aliran utama di Bumi adalah angin barat (mengalir barat ke timur ). jalur mereka biasanya memiliki berkelok-kelok bentuk; jet stream mungkin start, stop, dibagi menjadi dua atau lebih bagian, bergabung menjadi satu aliran, atau aliran dalam berbagai arah termasuk arah yang berlawanan dari sebagian besar jet. Jet stream terkuat adalah jet polar, sekitar 7-12 km (23,000-39,000 ft) di atas permukaan laut, dan agak lemah jet subtropis dan lebih tinggi di sekitar 10-16 km (33,000-52,000 ft). Para belahan bumi utara dan belahan bumi selatan masing-masing memiliki kedua kutub dan jet jet subtropis. Kutub belahan bumi utara jet mengalir di tengah untuk garis lintang utara Amerika Utara , Eropa , dan Asia dan intervensi lautan mereka, sedangkan kutub belahan bumi selatan sebagian besar kalangan jet Antartika sepanjang tahun.
Jet stream disebabkan oleh kombinasi dari planet rotasi pada porosnya dan pemanasan atmosfer (oleh radiasi matahari dan, pada beberapa planet lain selain bumi, panas internal ). Para efek Coriolis menggambarkan bagaimana planet permukaan dan suasana memutar relatif tercepat untuk satu sama lain pada planet khatulistiwa sementara hampir tidak berputar sama sekali dikutub . Meskipun perbedaan ini kecepatan umumnya telah sangat berpengaruh sedikit pada permukaan planet ini, memainkan peran penting dalam arus udara atmosfer karena udara pada tingkat yang lebih tinggi dari atmosfer, terutama di dekat khatulistiwa, harus melakukan perjalanan sangat cepat untuk bersaing dengan rotasi planet itu. Dengan demikian ada kecenderungan untuk udara pada tingkat yang lebih tinggi dari atmosfer untuk "tergelincir" dan jatuh di belakang kecepatan udara di bawah ini. Hal ini menghasilkan penumpukan tekanan balik "terpeleset" udara, dan udara segar akan harus mengejar dengan bergerak ke arah umum yang sama seperti planet rotasi (barat ke timur di Bumi)  namun, udara ini tidak tidak mengikuti pola sederhana tetapi juga dipengaruhi oleh suhu dan kadar air dibandingkan dengan daerah udara sekitarnya. Pada intinya, bukan atmosfer bergerak bersama dengan planet ini secara konsisten, bagian dari perjalanan suasana lebih cepat dari yang lain melalui jet stream.
Jet stream di dekat batas-batas bentuk massa udara yang berdekatan dengan perbedaan yang signifikan dalam temperatur , seperti daerah kutub dan udara hangat menuju khatulistiwa.
Meteorologi menggunakan lokasi dari beberapa jet sungai sebagai bantuan dalam peramalan cuaca . Relevansi komersial utama dari jet aliran dalam perjalanan udara, waktu penerbangan dapat secara dramatis dipengaruhi oleh baik terbang dengan arus atau melawan arus dari aliran jet. Clear-turbulensi udara , berpotensi membahayakan keselamatan penumpang pesawat, sering ditemukan di sekitar aliran jet. Salah satu manfaat masa depan jet stream bisa juga untuk tenaga turbin angin udara . jet lain juga ada. Selama musim


panas belahan bumi utara, jet timur dapat terbentuk di daerah tropis, biasanya di daerah mana udara kering bertemu udara lebih lembab di ketinggian. Tingkat rendah jet juga khas dari berbagai daerah seperti Amerika Serikat pusat.

Setelah letusan 1883 gunung Krakatau, pengamat cuaca dilacak dan memetakan efek di langit selama beberapa tahun. Mereka berlabel fenomena tersebut sebagai "aliran asap khatulistiwa." Pada tahun 1920, seorang ahli meteorologi Jepang,Oishi Wasaburo ,  terdeteksi aliran jet dari sebuah situs di dekat Gunung Fuji . Dia dilacak balon pilot , juga dikenal sebagai pibals (balon angin digunakan untuk menentukan tingkat atas), ketika mereka naik ke atmosfer. Ooishi pekerjaan yang sebagian besar tanpa terasa luar Jepang. American pilot Wiley Post , orang pertama yang terbang solo dunia pada tahun 1933, sering diberikan beberapa kredit untuk penemuan jet stream. Post menemukan setelan bertekanan yang membiarkan dia terbang di atas 6.200 meter (20.300 kaki). Pada tahun sebelum kematiannya, Pos melakukan beberapa upaya di dataran benua penerbangan-tinggi, dan memperhatikan bahwa pada waktu kecepatan gerak-nya jauh melebihi kecepatan udara nya.  Jerman meteorologi H. Seilkopf dikreditkan dengan coining istilah khusus, Strahlströmung (harfiah " jet streaming ") untuk fenomena di 1939.  (Jerman Modern adalah penggunaan "Strahlstrom".) Banyak sumber kredit pemahaman yang benar tentang sifat jet stream ke-jalur penelusuran dan diulang penerbangan reguler selama Perang Dunia II . Flyers konsisten melihat tailwinds barat lebih dari 100 mph dalam penerbangan, misalnya, dari Amerika ke Inggris.


Polar jet stream biasanya terletak di dekat 250 hPa tingkat tekanan, atau 7 kilometer (4.3 mil) dengan 12 kilometer (7,5 mil) di atas permukaan laut , sedangkan jet subtropis lemah stream jauh lebih tinggi, antara 10 kilometer (6.2 mil) dan 16 kilometer (9,9 mil) di atas permukaan laut. Di setiap belahan bumi, baik tingkat atas aliran jet bentuk dekat istirahat di tropopause, yang berada pada ketinggian yang lebih tinggi di dekat khatulistiwa daripada di kutub, dengan perubahan besar di ketinggian yang terjadi di dekat lokasi aliran jet.  The jet stream belahan bumi kutub utara ini paling sering ditemukan antara garis lintang 30 ° N dan 60 ° N , yang terletak di utara aliran jet subtropis dekat dengan lintang 30 ° N. sementara Jet tingkat hulu dikatakan "mengikuti matahari" ketika bergerak ke utara selama musim hangat, atau akhir musim semi dan musim panas, dan selatan selama musim dingin, atau musim gugur dan musim dingin. 
Lebar aliran jet biasanya beberapa ratus mil dan ketebalan vertikal sering kurang dari tiga kilometer.

Jet stream biasanya kontinu jarak jauh, tapi diskontinuitas yang umum.  Jalan jet biasanya memiliki bentuk berkelok-kelok, dan ini meander sendiri menyebarkan timur, pada kecepatan lebih rendah dari yang sebenarnya angin dalam aliran tersebut. Setiap berliku-liku besar, atau gelombang, dalam aliran jet dikenal sebagai gelombang Rossby . gelombang Rossby disebabkan oleh perubahan dalam efek Coriolis dengan lintang, dan menyebarkan ke barat sehubungan dengan aliran di mana mereka tertanam, yang memperlambat migrasi timur palung tingkat atas dan pegunungan di seluruh dunia jika dibandingkan dengan gelombang pendek tertanam palung mereka. Shortwave palung adalah paket lebih kecil dari energi tingkat atas, pada skala 1.000 kilometer (620 mil) untuk 4.000 kilometer (2.500 mi) panjang, yang bergerak melalui pola aliran di sekitar skala besar, atau gelombang panjang, pegunungan dan palung dalam gelombang Rossby. Jet sungai dapat dibagi menjadi dua karena pembentukan tingkat-atas tertutup rendah, yang mengalihkan sebagian dari aliran jet bawah dasar, sementara sisa bergerak jet oleh ke utara.
Kecepatan angin bervariasi tergantung dari suhu gradien , melebihi 92 kilometer per jam (50 kn), meskipun kecepatan lebih dari 398 kilometer per jam (215 kn) telah diukur,  meteorologi sekarang memahami bahwa jalan jet mengarahkan aliran siklon sistem badai di tingkat bawah di atmosfer, sehingga pengetahuan tentu saja mereka telah menjadi bagian penting dari peramalan cuaca. Sebagai contoh, pada tahun 2007, Inggris mengalami banjir parah sebagai akibat dari jet tinggal kutub selatan untuk musim panas.
Jet kutub dan subtropis bergabung di beberapa lokasi dan waktu, sementara di lain waktu mereka benar terpisah.Di Bumi, jet stream kutub utara adalah yang paling penting untuk dan prakiraan cuaca penerbangan, karena lebih kuat dan pada ketinggian yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jet subtropis sungai dan juga mencakup banyak negara dibelahan bumi utara , sedangkan kutub selatan jet kebanyakan aliran lingkaran Antartika dan kadang-kadang ujung selatan Amerika Selatan . Aliran jet panjang dalam konteks ini sehingga biasanya menyiratkan jet stream kutub utara.
Penerbangan.Penerbangan antara Tokyo dan Los Angelesmenggunakan jet aliran yg menuju ke timur dan lingkaran besar rute ke arah barat.Lokasi aliran jet sangat penting bagi penerbangan. penggunaan komersial aliran jet dimulai pada 18 November 1952,, ketika Pan Am terbang dari Tokyo ke Honolulu pada ketinggian 7.600 meter (24.900 kaki). Ini memotong waktu perjalanan dengan lebih dari sepertiga, 18-11,5 jam.  Tidak hanya memotong waktu dari penerbangan, juga jaring penghematan bahan bakar untuk industri penerbangan.  Dalam Amerika Utara, waktu yang dibutuhkan timur terbang melintasi benua dapat diturunkan oleh sekitar 30 menit jika sebuah pesawat bisa terbang dengan aliran jet, atau meningkat lebih dari jumlah tersebut jika harus terbang barat menentangnya.Terkait dengan jet stream adalah fenomena yang dikenal sebagai turbulensi udara jelas (CAT), disebabkan oleh vertikal dan horizontal windshear terhubung ke jet aliran. CAT ini terkuat di dingin udara sisi jet,  sebelah dan hanya di bawah sumbu jet. Clear turbulensi udara dapat menyebabkan pesawat untuk terjun dan menyajikan bahaya keselamatan penumpang yang telah menyebabkan kecelakaan fatal, seperti kematian salah satu penumpang United Airlines Penerbangan 826 (1997) .
Jet stream disebabkan oleh kombinasi rotasi planet pada porosnya dan pemanasan atmosfer (oleh radiasi matahari dan, pada beberapa planet lain selain bumi, panas internal). Efek Coriolis menggambarkan bagaimana permukaan dan atmosfer planet berputar relatif tercepat untuk satu sama lain pada khatulistiwa planet sementara hampir tidak berputar sama sekali di kutub. Meskipun perbedaan ini kecepatan umumnya telah sangat berpengaruh sedikit pada permukaan planet ini, memainkan peran penting dalam arus udara atmosfer karena udara pada tingkat yang lebih tinggi dari atmosfer, terutama di dekat khatulistiwa.

Jet stream dapat mengakibatkan pesawat terbang menjadi lebih cepat dan dikenal sebagai tail wind dan sebaliknya dapat menghambat kecepatan pesawat yang dikenal sebagai head wind. Di dalam atau di sekitar jet stream acap terbentuk kantung udara (air pocket), yaitu kolom udara yang terdiri dari bertemunya aliran udara dari arah yang tidak beraturan dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan dorongan udara yang kuat ke bawah, dikenal dengan istilah down draft atau sebaliknya, dorongan yang kuat ke atas up-draft.jet stream  umumnya berhembus dari barat.
Jet stream merupakan angin yang kuat di tingkat  atmosfer bagian atas. Gerakan angin dari barat ke timur di jet sungai tetapi alirannya sering bergeser ke utara dan selatan. Jet stream mengikuti batas-batas antara udara panas dan dingin. Karena batas udara panas dan dingin yang paling menonjol di musim dingin, jet stream yang terkuat baik untuk musim dingin belahan bumi utara dan selatan.
Mengapa aliran jet angin bertiup dari barat ke timur? Ingat dari bagian sebelumnya apa yang pola angin global akan menjadi seperti jika bumi itu tidak berputar. (Udara hangat naik di khatulistiwa akan bergerak ke arah kedua kutub.) Kita melihat bahwa rotasi bumi dibagi sirkulasi ini menjadi tiga sel. rotasi bumi bertanggung jawab untuk aliran jet juga.
Gerakan udara tidak secara langsung utara dan selatan tetapi dipengaruhi oleh momentum udara telah ketika bergerak jauh dari khatulistiwa. Alasannya ada hubungannya dengan momentum dan seberapa cepat lokasi pada atau di atas Bumi bergerak relatif terhadap sumbu bumi.
Munculnya sebenarnya aliran jet hasil dari interaksi kompleks antara banyak variabel - seperti lokasi sistem tekanan tinggi dan rendah, udara hangat dan dingin, dan perubahan musiman. Mereka berliku-liku di seluruh dunia, turun naik di ketinggian / lintang, membelah pada waktu dan membentuk pusaran, dan bahkan menghilang sama sekali untuk muncul di tempat lain.
Jet stream juga "mengikuti matahari" dalam bahwa sebagai elevasi matahari meningkat setiap hari di musim semi, jet sungai utara bergeser pindah ke Kanada oleh Summer. Sebagai Autumn pendekatan dan menurunkan elevasi matahari, aliran jet selatan bergerak ke Amerika Serikat membantu untuk membawa udara dingin ke negara itu.
Namun, udara ini tidak tidak mengikuti pola sederhana tetapi juga dipengaruhi oleh suhu dan kadar air dibandingkan engan daerah udara sekitarnya. Pada intinya, bukan atmosfer bergerak bersama dengan planet ini secara konsisten, bagian dari perjalanan suasana lebih cepat dari yang lain melalui jet stream. Jet stream di dekat batas-batas bentuk massa udara yang berdekatan dengan perbedaan yang signifikan dalam temperatur, seperti daerah kutub dan udara hangat menuju khatulistiwa
Meteorologi menggunakan lokasi dari beberapa jet sungai sebagai bantuan dalam peramalan cuaca. Relevansi komersial utama dari jet aliran dalam perjalanan udara, waktu penerbangan dapat secara dramatis dipengaruhi oleh baik terbang dengan arus atau melawan arus dari aliran jet. Maka berpotensi membahayakan keselamatan penumpang pesawat, sering ditemukan di sekitar aliran jet. Salah satu manfaat masa depan jet stream bisa untuk turbin tenaga angin di udara.  jet lain juga ada. Selama musim panas belahan bumi utara, jet timur dapat terbentuk di daerah tropis, biasanya di daerah mana udara kering bertemu udara lebih lembab di ketinggian. Tingkat rendah jet juga khas dari berbagai daerah seperti Amerika Serikat .
Pada intinya Jet Stream Membantu dalam dunia penerbangan jika arus jet nya searah...nek berlawanan bisa hancur,,karena kekuatan Jet Stream suangatt kuat sekali ada kuirang lebih 300km/jam juga lo....jadi WASPADALAH....

source : dari google dan NOAA wikipedia
               Arus jet: http://www.srh.noaa.gov/jetstream//global/jet.htm

Download Artikel disini


2 komentar:

Fazri Redfield mengatakan...

Artikelnya bagus, walaupun menurut saya pemilihan kata-katanya dan penulisannya masih sedikit kurang mengena (mungkin ngejelasin emang agak susah kali ya, heheheee..)

Keep writing..

Spesialis Software dan Hardware mengatakan...

heeeee,,,,,sip om....sambil belajar nulis2 ,,iseng2 berhadiah ilmu,,,heeee

Posting Komentar

KUMPULAN LINK PHENOMENA CUACA DAN IKLIM
MANUSIA DAPAT DIHANCURKAN, MANUSIA DAPAT DIMATIKAN TETAPI MANUSIA TIDAK DAPAT DIKALAHKAN SELAMA MANUSIA ITU MASIH SETIA KEPADA DIRINYA SENDIRI